Jenis-Jenis Penyakit Liver

Jenis-Jenis Penyakit Liver – Pada umum liver lebih dikenal sebagai penyakit yang berhubungan dengan organ hati atau biasa juga disebut sebagai hepatitis. Seperti yang kita ketahui bahwa hepatitis adalah peradnagan pada hati ini bisa terjadi karena mengkonsumsi toksin yang terbawa oleh bahan makanan, obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia atau bisa juga disebabkan oleh suatu agen infeksi (virus) atau karena keracunan.

Jenis-Jenis Penyakit Liver

Jenis-Jenis Penyakit Liver

Penyakit Liver

Penyakit liver ini dapat dibedakan menjadi dua bagian tergantung berapa lama penderita mengidap penyakit ini. Jika seorag pedeirta menderita hepatitis kurang dari 6 bulan maka disebut hepatitis akut dan jika penyakit tersebut selama 6 bulan lebih maka disebut hepatitis kronis.

Jenis-Jenis Penyakit Liver, antara lain :

1. Penyakit Hepatitis atau yang biasa dikenal dengan penyakit radang hati, infeksi virus merupakan penyebab utama terjadinya peradangan pada sel-sel hati, terutama virus hepatitis A,B,C,D dan E.

2. Sirosis hati adalah keadaan penyakit yang sudah lanjut dimana fungsi liver telah hilang secara bertahap karena jaringan hati yang normal digantikan oleh jaringan parut (fibrosis) dan mempengaruhi struktur normal dan regenerasi sel-sel hati sehingga sel-sel hati menjadi rusak ataupun mati. Sirosis hati dapat terjadi karena virus hepatitis B dan C yang berkelanjutan atau karena penyakit lain yang menyebabkan saluran empedu tersumbat.

3. Kanker hati biasa juga dikenal dengan istilah hepatoma atau carcinoma heptocelluler terjadi apabila kanker primer berkembang pada jaringan hati yang berasal dari sel parenkim atau epitel saluran empedu atau metastase dari tumor jaringan lainnya. Hepatoma atau carcinoma heptocelluler merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama sirosis yang terjadi karena virus hepatitis B, C dan hemochromatosis.

4. Perlemakan hati biasanya terjadi pada orang yang mengalami obesitas dimana lemak tertimbun secara berlebihan pada sel-sel hati dan menggantikan jaringan normal hati dengan lemak yang tidak sehat. Kondisi ini akan membuat hati menjadi sedikit membesar dan lebih berat serta berpotensi merusak jaringan hati dan sirosis hati.

5. Kolestasis dan jaundice yang merupakan keadaan akibat kegagalan memproduksi dan berkurangnya atau terhentinya aliran empedu di sepanjang jalur antara sel-sel hati dan usus 12 jari yang dapat menyebabkan gagalnya penyerapan lemak dan vitamin A, D, E, K oleh usus, jika aliran empedu terhenti sementara hati terus memproduksi bilirubin masuk ke dalam aliran darah dan kemudian mengendap di kulit dan dibuang ke air kemih akan menimbulkan jaundice (sakit kuning).

6. Hemochromatosis merupakan kelainan metabolisme besi yang ditandai dengan adanya pengendapan besi secara berlebihan di dalam jaringan penyakit ini bersifat genetik atau keturunan.

Gejala Penyakit Liver

Gejala dari jenis-jenis penyakit liver adalah :

  1. Kulit atau juga sklera mata yang berwarna kuning.
  2. Badan yang terasa sangat lelah dan sangat lemah.
  3. Gejala sakit flu misalnya adalah seperti sakit demam, dan juga rasa nyeri yang terasa diseluruh tubuh.
  4. Nafsu makan yang hilang atau tidak bisa mengonsumsi jenis makan dan juga minum.
  5. Mengalami mual serta muntah.
  6. Gangguan yang terjadi pada indera perasa dan indera penciuman.
  7. Nyeri abdomen yang biasanya disertai dengan pendarahan pada usus.
  8. Tungkai dan juga abdomen yang mengalami pembengkakan.
  9. Pada permukaan kulit biasanya akan muncul pembuluh darah yang kecil, berwarna merah, dan biasanya membentuk formasi seperti laba-laba, telapak tangan yang akan terlihat memerah, serta mengalami flapping tremor, dan juga kulit yang mengalami memar lebih cepat. Tanda-tanda seperti ini merupakan suatu kemungkinan dari adanya jenis-jenis penyakit liver seperti sorosis hati.
  10. Gangguan pada mental misalnya pada stadium lanjut.
  11. Darah yang keluar lewat muntah atau juga lewat rektum
  12. Demam yang terjadi dengan persisten, menggigil dan juga berat badan yang mengalami penurunan. Ketiga dari gejala ini mungkin akan menandakan adanya masalah suatu abses hati.

Terapi Penyakit Liver

Terapi yang bisa dilakukan pada sakit liver karena hati yang normal dan halus serta kenyal maka bisa disentuh. Disaat hati mengalami infeksi oleh suatu penyakit, maka hati biasanya akan mengalami pembengkakan. Sel hati biasanya akan mengeluarkan enzim alanin aminotransferase ke dalam darah. Dengan keadaan yang seperti ini maka dokter akan bisa memberitahu pasien mengenai kerusakan yang terjadi pada hati. Jika pada konsentrasi enzim tadi kadarnya lebih tinggi dibadningkan dalam keadaan normal, maka hal ini akan menandakan adanya suatu kerusakan pada hati yang mengalami peningkatan. Dan pengendalian atau penanggulangan dari sakit liver yang terbaik adalah dengan melakukan terapi pencegahan agar tidak terjadi suatu penularan maupun infeksi yang terjadi. Terapi dari sakit liver ini bisa dilakukan dengan :

  1. Terapi tanpa obat
  2. Terapi dengan menggunakan obat
  3. Terapi dengan menggunakan vaksinasi
  4. Terapi transplantasi hati.

Cara mencegah sakit liver, maka hal yang bisa dilakukan secara alami adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin A dalam jumlah yang cukup dan bisa membantu untuk mencegah terjadinya penumpukan yang terjadi di jaringan sel yang mengalami pengerasan dan merupakan salah satu karakteristik dari sakit liver atau peyakit hati. Namun penggunaan dari vitamin yang larut pada lemak ini untuk jangka waktu yang panjang dan dengan menggunakan dosis yang berlebihan akan membuat terjadinya pembengkakan hati dan penyakit hati.

Jenis-Jenis Penyakit Liver


=====================================

>>> Obat Sakit Liver Untuk Membantu Mengobati Sakit Liver dan Menyembuhkan Penyakit Liver. Menjaga Kesehatan Fungsi Liver atau Hati, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Liver and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *