Penderita Sakit Liver

Penderita Sakit LiverPenyakit liver merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya, sehingga anda perlu sangat mengetahui penyebab penyakit liver tersebut agar dapat mencegah bagi penderita sakit liver agar tidak  menjadi lebih parah. Penyakit liver merupakan istilah untuk menyebut dengan penyakit pada organ hati secara umum.Penyakit liver ini ada berbagai macam jenisnya,  seperti penyakit hepatitis (jenis A,B, C, D  dan E) perlemakan hati (fatty liver), sirosis hati, kanker hati, gangguan aliran empedu (kolestasis) dan gangguan metabolisme zat besi dalam hati (hemochromatosis). Liver atau hati merupakan organ yang sangat penting didalam tubuh manusia, sebab berperan penting dalam sistem metabolisme tubuh, terutama dalam memecah senyawa senyawa dalam tubuh yang bersifat racun (detoksifikasi). Zat zat racun didalam tubuh akan diproses didalam hati yang kemudian akan disalurkan ke ginjal dalam bentuk urine dan feses.

Penderita Sakit Liver

Penderita Sakit Liver

Jika organ hati akan terganggu, maka racun racun tersebut tidak bisa dikeluarkan sehingga akan sangat membahayakan tubuh manusia. Penderita sakit liver sering disebut dengan istilah penyakit kuning, sebab pada umumnya kulit dan mata orang yang penderita sakit liver akan berwarna kuning. Selain kekuningan (ikterik), gejala penyakit liver antara lain demam, badan mudah lelah, nafsu makan menurun, mual dan muntah, nyeri perut/abdomen, pembengkakan pada perut dan kaki, yang dapat terjadi muntah dan BAB yang disertai dengan darah, serta munculnya bercak bercak di kulit seperti sarang laba laba.

Berbagai hal yang dapat menjadi penyebab penderita sakit liver

Penyakit liver dapat bersifat menular dan tidak akan menular. Hal itu tergantung dari penyebab penyakitnya. Penyakit liver yang menular dapat disebabkan oleh mikroorganisme (pada umumnya karena virus). Sedangkan jenis penyakit liver yang tidak akan menular yang biasanya disebabkan oleh kelainan organ sejak lahir, gaya hidup, maupun dengan mengkonsumsi makanan dan minuman obat obat tertentu. Penyebab penyakit liver adalah sebagai berikut :

  • Kelainan bawaan

Pada kelainan bawaan ini yang umumnya terjadi karena adanya gangguan dalam proses metabolisme ketika seseorang masih didalam kandungan dalam bentuk janin. Sedangkan dengan kelainan tersebut akan mengakibatkan organ hati tidak akan berfungsi secara semestinya. Kelainan tersebut antara lain karena adanya gangguan metabolis galaktose, glikogen, tirosin dan homosistin. Selain gangguan metabolisme, kelainan bawaan ini juga dapat berupa karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti yang terjadi pada penyakit autoimun, misalnya adanya gangguan primary biliary corrhosis, hepatitis autoimun, dan primary sclerosis colangitis.

  • Penyakit diabetes melitus

Penyakit kencing manis atau diabetes melitus, dalam beberapa kasus juga dapat menjadi penyebab penderita sakit liver. Kekurangan insulin yang diakibatkan karena adanya kerusakan pada pankreas, menyebabkan glukosa sulit diserahkan oleh sel sel atau jaringan tubuh dan kadar gula didalam darah akan semakin meningkat. Sehingga penyakit diabetes melitus tersebut dalam jangka waktu yang lama dapat memperberat organ hati dalam pemecahan glukosa dan dapat menyebabkan sel sel yang ada didalam organ hati kekurangan nutrisi penting.

  • Konsumsi lemak jenuh yang berlebihan

Lemak jenuh merupakan lemak jahat yang bersifat yang sulit untuk dipecah didalam tubuh. Pemecahan lemak adalah salah satu tugas dari organ hati agar lemak tersebut dimanfaatkan oleh tubuh sebagai energi, mengangkut protein, dan melindungi pembuluh darah. Namun, karena lemak jenis ini merupakan jenis lemak yang bersifat pada atau solid, maka hati akan bekerja dengan lebih keras. Kerja keras ini jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang lama akan menurunkan kinerja organ hati secara progresif. Selain itu lemak jenuh juga dapat menumpuk didalam hati sehingga akan menghambat proses metabolisme didalam organ tersebut. kebiasaan mengkonsumsi lemak jenuh yang berlebihan dapat menjadi salah satu penyebab penderita sakit liver. Makanan yang banyak mengandung lemak jenuh antara lain pada makanan yang digoreng, makanan yang bersantan, daging, jeroan, dan makanan cepat saji.

Langkah untuk Merawat bagi Penderita Sakit Liver

  • Hindari konsumsi alkohol
    Liver berfungsi untuk menyaring racun dari tubuh. Tapi, fungsi hati ini bisa terganggu bila Anda mengkonsumsi alkohol, terutama dalam jumlah besar. Maka itu, stop konsumsi alkohol bila ingin liver Anda sehat.
  • Batasi konsumsi makanan tinggi lemak
    Hindari makanan cepat saji untuk menjaga liver tetap dalam kondisi baik. Kontrol berat badan secara rutin, karena obesitas, seperti diabetes, bisa jadi pemicu penyakit hati. Perhatikan makanan Anda, jangan menyantap makanan sembarangan. Hal ini bisa mengurangi fungsi hati melalui akumulasi racun dan lemak dalam tubuh.
  • Jangan berlama-lama berada di lingkungan beracun
    Hati menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh. Tetapi, jika kapasitasnya sudah penuh, maka hati bisa tidak berfungsi untuk menjadi filter. Kurangi ekspos terhadap polutan umum seperti asap rokok atau asap cat.
  • Ikuti aturan hidup bersih
    Rajin cuci tangan, terutama sebelum makan dan setelah makan atau setelah dari toilet. Jangan minum air dari peralatan yang digunakan orang asing, sebelum benar-benar mencucinya secara baik.
  • Melindungi diri terhadap virus hati
    Untuk menghindari kontak dengan virus hati, Anda harus mengambil langkah-langkah tertentu untuk memproteksi diri dari benda-benda yang terinfeksi: seks aman, hindari tato, dan memakai narkotika suntik.

Penderita Sakit Liver


=====================================

>>> Obat Sakit Liver Untuk Membantu Mengobati Sakit Liver dan Menyembuhkan Penyakit Liver. Menjaga Kesehatan Fungsi Liver atau Hati, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Liver and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.